MATERI AJAR
Hari/Tanggal : Jum'at, 28 Agustus 2020
Kelas : VI
Tema 2 : Persatuan dalam Perbedaan
Subtema 2 : Bekerjasama Mencapai Tujuan
Pembelajaran : 1
Muatan materi : Bahasa Indonesia (3.4), IPS (3.4), IPA (3.3), MTK
Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif dan menuliskan peristiwa penting pada teks tentang semangat persatuan menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif. Menyebutkan makna upaya mempertahankan kemerdekaan melalui peta pikiran. Mengidentifikasi ciri-ciri hewan berdasarkan habitatnya. Mengetahui perbandingan pecahan.
TEMATIK
Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, seharusnya bangsa Indonesia telah merdeka dan terbebas dari segala bentuk penindasan serta penjajahan. Namun, kenyataannya tidak demikian, bangsa Indonesia masih perlu berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mengapa?
Ayo kita simak vide berikut ini :
Ayo Membaca
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia ternyata masih terus berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari gangguan bangsa asing yang datang, seperti dari Pemerintahan Belanda.
Pasukan Belanda kembali datang ke tanah air. Kedatangan ini disambut dengan berbagai bentuk perlawanan oleh bangsa Indonesia. Sehingga sejak tahun 1945-1950 telah terjadi berbagai macam pertempuran di berbagai daerah antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda yang dibantu oleh pasukan Inggris.
Pertempuran Surabaya
Pada tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby. Tanggal 27-30 Oktober 1945, terjadi kontak senjata antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Inggris. Dalam pertempuran ini, pasukan Inggris dapat dipukul mundur. Bahkan, puncak dari pertempuran tersebut adalah terbunuhnya pemimpin pasukan Inggris, Brigadir Jendral Mallaby.
Pada tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan ultimatum yang berisi “semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan”.
Namun, ultimatum tersebut ditolak oleh pihak Indonesia. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang sangat dahsyat.Pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara.
Peristiwa 10 November ini diperingati sebagai Hari Pahlawan.
Apa : Peristiwa yang terjadi adalah Pertempuran di Kota Surabaya | Mengapa : Pertempuran Surabaya meletus karena Inggris mengeluarkan ultimatum orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya | Siapa : Pemimpin pasukan Inggris adalah Brigadir Jendral Mallaby dan Pemuda Surabaya |
Pertempuran Surabaya | ||
Bagaimana : Setelah rakyat menolak ultimatum pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara. | Di Mana : Kota Surabaya | |
Kapan : 10 Nopember 1945 |
Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara/ penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK. Ciri-ciri kalimat efektif.
- Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),
- Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
- Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
- Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan
Buatlah tulisan menggunakan kata-kata sendiri tentang Pertempuran Surabaya berdasarkan peta pikiran yang telah kamu buat! Gunakan kalimat efektif
Pertempuran Surabaya terjadi di Kota Surabaya pada tanggal 10 Nopember 1945. Terjadi kontak senjata yang mengakibatkan pemimpin pasukan Inggris adalah Brigadir Jendral Mallaby tewas. Pertempuran Surabaya meletus karena Inggris mengeluarkan ultimatum agar orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya. Setelah rakyat menolak ultimatum pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara.
Baca kembali teks tentang Pertempuran Surabaya dan jawab pertanyaan berikut!
Apa makna yang dapat kamu petik dari upaya mempertahankan kemerdekaan dalam Pertempuran Surabaya?
Makna yang dapat saya petik dari upaya mempertahankan kemerdekaan dalam pertempuran Surabaya adalah sebagai bangsa yang merdeka, Indonesia berhak mengatur hidupnya sendiri. Kita tidak boleh tergantung pada bangsa asing. Bahkan jika ada bangsa yang ingin mengatur kita, kita harus berjuang melawannya dan mempertahankan kemerdekaan kita.
Kamu akan mencari informasi tentang perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan secara berkelompok dengan pembagian tugas sebagai berikut:
Apa : Pertempuran yang berkobar di Ambarawa | Mengapa : Sekutu mengingkari perundingan damai | Siapa : Tentara Keamanan Rakyat dan Pasukan Inggris + NICA |
Pertempuran Ambarawa | ||
Bagaimana : Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu mundur | Di Mana : Ambarawa | |
Kapan : 12 Desember 1945 |
2. Peta Pikiran Pertempuran Medan Area
Apa : Pertempuran yang berkobar di Kota Medan | Mengapa : Kedatangan Sekutu yang diboncengi NICA serta ultimatum Sekutu | Siapa : Barisan Pemuda Indonesia dan Sekutu dibawah pimpinan T.E.D Kelly |
Pertempuran Medan Area | ||
Bagaimana : Medan jatuh ke tangan pasukan sekutu dan TKR harus mengungsi Pematang Siantar | Di Mana : Kota Medan | |
Kapan : 13 Oktober 1945 - 1946 |
3. Peta Pikiran Bandung Lautan Api
Apa : Peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung | Mengapa : Sekutu mengultimatum agar Bandung Utara dikosongkan oleh penduduk Indonesia, termasuk pasukan bersenjata. | Siapa : Pasukan Inggris bagian dari Brigade Mac Donald dan Tentara Republik Indonesia |
Pertempuran Bandung Lautan Api | ||
Bagaimana : TRI bersama milisi rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung. | Di Mana : Kota Bandung | |
Kapan : 23 Maret 1946 |
4. Peta Pikiran Agresi Militer 1
Apa : Operasi militer Belanda di Jawa dan Sumatra terhadap Republik Indonesia | Mengapa : Belanda merencanakan negara-negara boneka dan ingin mengembalikan kekuasaan Belanda atas Indonesia. | Siapa : Pemerintah Belanda di bawah van Mook dan Tentara Republik Indonesia di bawah pimpinan Jenderal Soedirman |
Pertempuran Agresi Militer 1 | ||
Bagaimana : Gencatan senjata akhirnya tercipta sementara. Belanda kembali mengingkari dengan Agresi Militer Belanda II. | Di Mana : Sumatra dan Jawa | |
Kapan : 21 Juli 1947 sampai 5 Agustus 1947. |
5. Peta Pikiran Agresi Militer 2
Apa : Belanda melancarkan agresinya yang kedua dengan menggempur Ibu kota RI, Yogyakarta. | Mengapa : Belanda masih ingin menjajah Indonesia dan mereka melihat persetujuan renvile lebih menguntungkan Indonesia | Siapa : Pemerintah Belanda di bawah Simon Hendrik Spoor dan Tentara Republik Indonesia di bawah pimpinan Jenderal Soedirman |
Pertempuran Agresi Militer 2 | ||
Bagaimana : Jatuhnya ibu kota menyebabkan dibentuknya Pemerintah Darurat RI di Sumatra yang dipimpin oleh Sjafruddin Prawiranegara. | Di Mana : Sumatra dan Jawa | |
Kapan : 19–20 Desember 1948 |
Amati gambar berikut!
Tuliskan hasil diskusimu pada diagram berikut!
No. | Nama Hewan | Ciri-Ciri dan Habitat |
---|---|---|
1. | Ayam | Ciri ciri ayam yaitu : Hewan berkaki dua memiliki bulu Termasuk kedalam kelompok unggas Memiliki paruh Berkembang biak dengan bertelur Ciri ciri habitat ayam : Terdapat di daratan seperti hutan, pertanian, perkebunan, dan lain lain. |
2. | Bebek | Ciri ciri Bebek : Memiliki paruh Memiliki kaki yang lebar dan berselaput Bernafas dengan paru paru Berkembang biak dengan bertelur Ciri ciri habitatnya : Hidup di daratan dan perairan seperti danau, kolam, dan rawa. |
3. | Cicak | Ciri ciri Cicak Memiliki kaki perekat Hewan melata memiliki kulit yang bersisik Memiliki ekor yang panjang dan dapat putus Berkembang biak secara ovipar (bertelur) Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat |
4. | Ikan | Ciri ciri Ikan : Memiliki sisik dan lendir Memiliki sirip dan bernapas dengan insang Berkembang biak dengan ovipar, ovovivipar, atau vivipar Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan |
Apakah terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya? Tuliskan kesimpulanmu!
Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, ikan memiliki insang untuk bernapas di dalam air, cecak memiliki perekat pada kakinya untuk dapat menempel di dinding, dan bebek memiliki selaput pada kakinya agar dapat berenang di air.
Ayo Mengamati
Amati tiga hewan yang ada di sekitarmu!
Berdasarkan pengamatanmu, catat ciri-ciri khusus hewan tersebut beserta habitatnya! Tulis laporan berdasarkan pengamatanmu!
No. | Nama Hewan | Ciri-Ciri dan Habitat |
---|---|---|
1. | Kucing | Ciri ciri kucing yaitu : Memiliki kumis atau misai, Memiliki bantalan halus di telapak kaki. Memiliki penglihatan dan penciuman yang baik Memiliki alat keseimbangan Memiliki cakar untuk menangkap mangsa Ciri ciri habitat kucing : Terdapat di daratan seperti hutan dan perumahan |
2. | Kelinci | Ciri ciri Kelinci Memiliki telinga panjang Hewan ini berjalan dengan cara melompat Selalu siaga bereaksi ageresif untuk menjauhi ancaman Pertumbuhan giginya secara terus menerus Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat |
3. | Belut | Ciri ciri belut : Belut tidak memiliki sirip, Memiliki lendir pada tubuhnya Bernafas dengan insang. Banyak menghuni rawa-rawa, persawahan, Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan |
MATEMATIKA
Ayo kita simak dahulu video pembelajaran mtk di bawah ini :
Setelah membaca ringkasan materi dan menyimak video di atas mari kita kerjakan latihan di bawah ini:
Latihan MTK klik disini
Latihan Tematik klik disini
Komentar
Posting Komentar