Hari/tanggal : Nopember 2019
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 5. (PAHLAWANKU)Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan/3
KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.7 Menggali pengetahuan baru yang didapat dari teks nonfiksi
4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
Indikator
3.7.2 Menyampaikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan berdasarkan teks dengan menggunakan diagram
4.7.2 Menceritakan kembali isi teks menggunakan kalimat sendiri
IPA
3.7 Memahami sifat- sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
Indikator
3.7.2 Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.2 Melaporkan hasil percobaan cakram warna yang memanfaatkan sifat-sifat
cahaya dalam bentuk tulisan
MATERI AJAR
BAHASA INDONESIA
Menyampaikan jawaban dan menceritakan kembali isi teks
Untuk dapat memjawab pertanyaan denganntepat, kita terlebih dulu perlu membaca dan memahami isi bacaan dengan baik. Semua informasi penting tersebut dapat kita temukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Salah satu cara membaca yang baik adalah dengan membaca dalam hati atau tidak bersuara. Dengan membaca dalam hati, kita dapat lebih cermat mencari hal-hal penting did alam teks tersebut serta mejawab pertanyaan yang diberikan.
IPA
Membuat Cakram Warna
Kamu bisa membuktikan bahwa cahaya
putih matahari terdiri atas tujuh warna
dengan membuat cakram warna dari kertas
berbentuk lingkaran, warnai kertas sesuai
dengan tujuh warna pelangi. Putarlah
kertas tersebut dengan kecepatan tinggi.
Perhatikan warna yang tampak saat kertas
berputar kencang.
Cobalah beberapa variasi besar juring
lingkaran pada setiap warna. Amati
hasilnya, variasi manakah yang
menghasilkan warna putih paling jelas?
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 5. (PAHLAWANKU)Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan/3
KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.7 Menggali pengetahuan baru yang didapat dari teks nonfiksi
4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
Indikator
3.7.2 Menyampaikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan berdasarkan teks dengan menggunakan diagram
4.7.2 Menceritakan kembali isi teks menggunakan kalimat sendiri
IPA
3.7 Memahami sifat- sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
Indikator
3.7.2 Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.7.2 Melaporkan hasil percobaan cakram warna yang memanfaatkan sifat-sifat
cahaya dalam bentuk tulisan
MATERI AJAR
BAHASA INDONESIA
Menyampaikan jawaban dan menceritakan kembali isi teks
Untuk dapat memjawab pertanyaan denganntepat, kita terlebih dulu perlu membaca dan memahami isi bacaan dengan baik. Semua informasi penting tersebut dapat kita temukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Salah satu cara membaca yang baik adalah dengan membaca dalam hati atau tidak bersuara. Dengan membaca dalam hati, kita dapat lebih cermat mencari hal-hal penting did alam teks tersebut serta mejawab pertanyaan yang diberikan.
IPA
Membuat Cakram Warna
Kamu bisa membuktikan bahwa cahaya
putih matahari terdiri atas tujuh warna
dengan membuat cakram warna dari kertas
berbentuk lingkaran, warnai kertas sesuai
dengan tujuh warna pelangi. Putarlah
kertas tersebut dengan kecepatan tinggi.
Perhatikan warna yang tampak saat kertas
berputar kencang.
Cobalah beberapa variasi besar juring
lingkaran pada setiap warna. Amati
hasilnya, variasi manakah yang
menghasilkan warna putih paling jelas?
Komentar
Posting Komentar