Materi kamis 13 Februari 2020

Subtema 2 :  Indahnya Keragaman Budaya Negeriku
Pembelajaran :  5 (Lima)
Tanggal

A. KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7. Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
3.7.1.mengidentifikasi  gagasan pokok setiap paragraf dalam teks dengan tepat.
4.7.Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
4.7.1.menuliskan  gagasan pokok setiap paragraf dalam teks dengan tepat.
MATERI
Saat mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi penting pasti harus memahami dulu isi  informasi tersebut. Jika informasi tidak dapat dipahami kamu akan kesulitan untuk menjelaskan kepada orang lain. Memahami informasi diperoleh dengan membaca intensif. Berikut hal-hal yang diperhatikan saat menjelaskan informasi penting
1. Jangan mengurangi atau menambah informasi penting dalam teks
2. Jika ada kata sulitcarilah terlebih dahulu
3. Catatlah bukti atay fakta yang mendukung isi teks
4. Jangan menggabungkan informasiyang didapat dengan tanggapan atau komentar
5. Gunakan bahasa yang antun





PPKn
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4. Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. 3.4.1. menyebutkan beberapa nama tari daerah Indonesia dengan benar.
4.4.
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. 4.4.1. menunjukkan beberapa nama tari daerah Indonesia dengan benar.
MATERI
Nama Nama Tarian Daerah dan Asalnya
No Nama Tarian Daerah Asal
1 Tari Seudati Aceh Darussalam
2 Tari Saman Meuseukat Aceh Darussalam
3 Tari Pukat Aceh Darussalam
4 Tari Rampai Aceh Darussalam
5 Tari Ratoh Duek Aceh Darussalam
6 Tari Ula-ula Lembing Aceh Darussalam
7 Tari Laweut Aceh Darussalam
8 Tari Likok Pulo Aceh Darussalam
9 Tari Rapa’i Geleng Aceh Darussalam
10 Tari Ratéb Meuseukat Aceh Darussalam
11 Tari Rabbani Wahed Aceh Darussalam
12 Tari Ranup lam Puan Aceh Darussalam
13 Tari Legong Bali
14 Tari Kecak Bali
15 Tari Arje Bali
16 Tari Cendrawasih Bali
17 Tari Trunajaya Bali
18 Tari Barong. Bali
19 Tari Pendet Bali
20 Tari Baris Bali

6. SBdP
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3. Mengetahui gerak tari kreasi daerah. 3.3.1. menjelaskan gerakan tangan, kaki, dan kepala saat menari dengan tepat.
4.3.
Meperagakan gerak tari kreasi daerah. 4.3.1. mempraktikkan gerak tangan, kaki, dan kepala saat menari dengan berani dan percaya diri.

MATERI
     
Gerak Dasar Tari

Elemen penting dalam tari adalah gerak, yaitu gerak-gerak yang memiliki nilai ritmis tertentu dan erat hubungannya dengan tempo dan dinamika gerak. Gerak yang ada dalam kegiatan dan kehidupan kita sangat banyak macamnya, antara lain :
1.         Gerak sehari-hari (gerak wantah)
Yaitu gerak yang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari – hari berupa gerak spontan, gerak – gerak meknis (gerak yang muncul akibat kebiasaan) maupun gerak – gerak khusus yang timbul karena suatu pengalaman yang sifatnya khas dan baru.
2.         Gerak berstruktur (gerak tari)
Yaitu gerak – gerak yang memiliki pola tertentu sehingga dapat ditiru dan dipelajari, gerak ini dibagi menjadi beberapa jenis,     yaitu :
a.     Gerak maknawi, yaitu  gerak – gerak tari yang besumber dari kehidupan sehari-hari, yang kemudian diperkaya (stilisasi) atau diromnak / disederhanakan (distorsi).
b.     Gerak murni, yaitu gerak – gerak tari yang disengaja diciptakan untuk keperluan tari dengan maksud menampilkan kesan keindahan atau artistiknya.
3.         Gerak koreograf (koreografi)
Adalah bentuk penampilan keseluruhan dari awal hingga akhir. Ritme dan organisasi geraknya memiliki konsep yang berhubungan dengan unsure luar gerak sebagai pendukung tarian, baik yang bersifat internal atau eksternal.

Komentar