Materi jumat 28 Februari 2020

/tanggal :  28 Februari 2020
Kelas :  IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 8. (Daerah Tempat Tinggalku) Subtema 1 /PB4

A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3. Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1.mengetahui manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekolah.
4.3.Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.1.menunjukkan manfaat keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekolah.

Keragaman budaya di Indonesia adalah hal yang menjadikan negara kita kaya dan istimewa. Keragaman budaya di Indonesia ini dipengaruhi sejumlah faktor seperti letak yang strategis, kondisi wilayah yang terdiri atas ribuan pulau, adanya perbedaan kondisi alam serta tingkat penerimaan masyarakat.

» Pembahasan
Keragaman budaya di Indonesia ini harus dipandang positif sebab memberikan banyak sumbangsih bagi bangsa. Berikut adalah sejumlah manfaat keragaman budaya Indonesia:
1. Menjadikan Indonesia istimewa terutama di mata dunia.
2. .Menjadi bagian dari identitas dan jati diri bangsa yang membedakannya dari bangsa lain di dunia
3. Menumbuhkan nasionalisme atau cinta tanah air
4. Menjadikan kebudayaan di Indonesia kaya dan unik sehingga menambah daya tarik pariwisata
5. Menjadi salah satu sumber pendapatan ekonomi nasional
6. Kebudayaan yang beragam di Indonesia menjadi sumbangsih bagi ilmu pengetahuan di dunia.


Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9. Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi.
3.9.1.menuliskan tokoh-tokoh pada teks tersebut.
4.9.Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
4.9.1.menceritakan kembali teks cerita fiksi.
Cara menuliskan tokoh pada teks dan menceritakan kembali :
1.Membaca dengan seksama cerita yang tersedia.
2. Menentukan isi ceritanya.
3. Menemukan pelaku ceritanya.
4. Menemukan masalah yang dihadapi pelaku ceritanya.
5. Menemukan cara pelaku mengatasi masalah yang dihadapinya.
6. Memperkirakan alasan pelaku memilih cara mengatasi masalahnya.
7. Menemukan hal-hal yang menarik dari cerita yang tersedia, dan
8. Menceritakan kembali isi cerita tersebut dengan kalimat sendiri






IPS
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3. Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi..
3.3.1.mengidentifikasi kegiatan ekonomi serta pekerjaan yang terkait dengan kegiatan tersebut.
4.3.Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi  dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3.1.Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi serta pekerjaan yang terkait dengan kegiatan tersebut.




Lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah. Mata pencaharian penduduk di suatu daerah berbeda dengan daerah lain. Mata pencaharian penduduk di daerah pesisir pantai berbeda dengan penduduk di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi. Simak penjelasan berikut.
1. Penduduk di daerah pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, petani tambak, pedagang, petani garam, dan perajin.
2. Penduduk di daerah dataran rendah bermata pencaharian sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak.
3. Penduduk di daerah dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, misalnya teh, kopi, dan cengkeh.
Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang,  dan buruh pabrik).


Komentar