Subtema 3 : Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku
Pembelajaran : 5 (Lima)
Tanggal :
A. KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7. Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks. 3.7.1. menjelaskan informasi penting dari teks bacaan dengan benar.
4.7.Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri. 4.7.1. menuliskan informasi penting dari teks bacaan dalam sebuah peta konsep dengan benar
MATERI
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan status siaga waspada menyusul aktivitas angin Muson Asia yang bergerak di wilayah Sulawesi Selatan hingga dua hari terakhir yang menjadikan sejumlah daerah terendam banjir akibat intensitas curah hujan tinggi.
"Saat ini curah hujan dengan intensitas lebat dan sedang masih mengguyur sejumlah wilayah pesisir bagian barat serta wilayah selatan di Provinsi Sulawesi Selatan," kata Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Esti Kristanti di Makassar, Minggu (12/1/2020).
Temukan informasi penting dari teks diatas
PPKn
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4. Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. 3.4.1. memahami perlunya bersikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.4.
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. 4.4.1. mempresentasikan perlunya bersikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
MATERI
Sikap toleransi dalam keragaman penting untuk diterapkan karena dapat menciptakan kerukunan dan persatuan bangsa. Penerapan sikap toleransi di lingkungan sekolah antara lain:
1. Menghargai perbedaan pendapat antar anggota keluarga
2. Membantu ibu merapihkan tempat tidur
3. Bermain dengan teman tanpa membedakan ras, suku agama dll
4. Belajar bersama adik dan kakak
5. Menghormati teman yang sedang beribadah
SBdP
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4. Mengetahui karya seni rupa teknik tempel. 3.4.1. menjelaskan perbedaan montase dan kolase
4.4.
Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik. 4.4.1. membuat karya seni montase dan kolase dengan serasi.
MATERI
Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karya seni tempel berbeda-beda. Bahan yang digunakan dapat memanfaatkan bahan –bahan bekas atau bahanalam yang dapat ditemukan disekitar rumah.
Pembelajaran : 5 (Lima)
Tanggal :
A. KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7. Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks. 3.7.1. menjelaskan informasi penting dari teks bacaan dengan benar.
4.7.Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri. 4.7.1. menuliskan informasi penting dari teks bacaan dalam sebuah peta konsep dengan benar
MATERI
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan status siaga waspada menyusul aktivitas angin Muson Asia yang bergerak di wilayah Sulawesi Selatan hingga dua hari terakhir yang menjadikan sejumlah daerah terendam banjir akibat intensitas curah hujan tinggi.
"Saat ini curah hujan dengan intensitas lebat dan sedang masih mengguyur sejumlah wilayah pesisir bagian barat serta wilayah selatan di Provinsi Sulawesi Selatan," kata Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Esti Kristanti di Makassar, Minggu (12/1/2020).
Temukan informasi penting dari teks diatas
PPKn
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4. Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. 3.4.1. memahami perlunya bersikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.4.
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. 4.4.1. mempresentasikan perlunya bersikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
MATERI
Sikap toleransi dalam keragaman penting untuk diterapkan karena dapat menciptakan kerukunan dan persatuan bangsa. Penerapan sikap toleransi di lingkungan sekolah antara lain:
1. Menghargai perbedaan pendapat antar anggota keluarga
2. Membantu ibu merapihkan tempat tidur
3. Bermain dengan teman tanpa membedakan ras, suku agama dll
4. Belajar bersama adik dan kakak
5. Menghormati teman yang sedang beribadah
SBdP
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4. Mengetahui karya seni rupa teknik tempel. 3.4.1. menjelaskan perbedaan montase dan kolase
4.4.
Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik. 4.4.1. membuat karya seni montase dan kolase dengan serasi.
MATERI
Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karya seni tempel berbeda-beda. Bahan yang digunakan dapat memanfaatkan bahan –bahan bekas atau bahanalam yang dapat ditemukan disekitar rumah.
Komentar
Posting Komentar