Hari/tanggal : 6 Januari 2020
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU) Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku/1
KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
MATERI AJAR
Puisi adalah suatu karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan hati penyair. Karya sastra ini dibuat berdasarkan ungkapan perasaan penyair. Dengan bahasa yang indah dimana di dalamnya mengandung makna, irama, rima dan bait.
Perhatikan dengan saksana teks seperti yang terdapat di Buku Siswa.
Jika kalian perhatikan, teks tersebut merupakan sebuah karya yang disebut puisi.
Dapatkah kalian menjelaskan ciri-ciri suatu puisi?
Berdasarkan puisi tersebut, diskusikan beberapa pertanyaan berikut.
1. Apakah kalian menemukan teks puisi tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi beberapa baris?
2. Apakah kalian menemukan beberapa baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
3. Apakah bunyi vokal terakhir dari setiap baris?
4. Apakah kalian menemukan keteraturan bunyi vokal pada tiap akhir baris?
5. Tuliskan keteraturan itu di buku tugas kalian.
IPA
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
4.2Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
Pertumbuhan dan perkembangan hewan
Perhatikan hewan peliharaan yang ada di sekitar kalian.
Apakah hewan-hewan tersebut memiliki anak?
Perhatikan gambar beberapa hewan peliharaan berikut.
Pada gambar-gambar di atas, terdapat anak hewan dan hewan dewasa. Berarti, hewan mengalami pertumbuhan.
Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
Manusia dan hewan mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya.
Tahap-tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk suatu siklus hidup atau daur hidup.
Apakah tiap hewan mengalami daur hidup yang sama?
Daur hidup adalah suatu proses yang menandai perkembangan suatu organisme sejak memulai hidupnya di bumi sampai bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan jenisnya. Proses tersebut merupakan suatu perputaran (daur atau siklus) karena akan kembali ke tutk awal mulanya.
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–5 siswa.
2. Perhatikan beberapa gambar hewan peliharaan berikut.
3. Urutkan tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas. Berilah nomor urut pada kotak di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.
4. Berdasarkan urutan tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan yang kalian buat, diskusikan kesimpulan yang dapat kalian ambil mengenai daur hidup hewan.
5. Presentasikan hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas.
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU) Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku/1
KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
MATERI AJAR
Puisi adalah suatu karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan hati penyair. Karya sastra ini dibuat berdasarkan ungkapan perasaan penyair. Dengan bahasa yang indah dimana di dalamnya mengandung makna, irama, rima dan bait.
Perhatikan dengan saksana teks seperti yang terdapat di Buku Siswa.
Jika kalian perhatikan, teks tersebut merupakan sebuah karya yang disebut puisi.
Dapatkah kalian menjelaskan ciri-ciri suatu puisi?
Berdasarkan puisi tersebut, diskusikan beberapa pertanyaan berikut.
1. Apakah kalian menemukan teks puisi tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi beberapa baris?
2. Apakah kalian menemukan beberapa baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
3. Apakah bunyi vokal terakhir dari setiap baris?
4. Apakah kalian menemukan keteraturan bunyi vokal pada tiap akhir baris?
5. Tuliskan keteraturan itu di buku tugas kalian.
IPA
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
4.2Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya.
Pertumbuhan dan perkembangan hewan
Perhatikan hewan peliharaan yang ada di sekitar kalian.
Apakah hewan-hewan tersebut memiliki anak?
Perhatikan gambar beberapa hewan peliharaan berikut.
Pada gambar-gambar di atas, terdapat anak hewan dan hewan dewasa. Berarti, hewan mengalami pertumbuhan.
Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
Manusia dan hewan mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya.
Tahap-tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk suatu siklus hidup atau daur hidup.
Apakah tiap hewan mengalami daur hidup yang sama?
Daur hidup adalah suatu proses yang menandai perkembangan suatu organisme sejak memulai hidupnya di bumi sampai bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan jenisnya. Proses tersebut merupakan suatu perputaran (daur atau siklus) karena akan kembali ke tutk awal mulanya.
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–5 siswa.
2. Perhatikan beberapa gambar hewan peliharaan berikut.
3. Urutkan tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas. Berilah nomor urut pada kotak di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.
4. Berdasarkan urutan tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan yang kalian buat, diskusikan kesimpulan yang dapat kalian ambil mengenai daur hidup hewan.
5. Presentasikan hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas.
Komentar
Posting Komentar