Hari/tanggal : 7 Januari 2020
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU) Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku/2
KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 3.6.1. Mengidentifikasi ciri-ciri puisi yang berkaitan dengan akhir baris pada bait dengan benar.
4.6.
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. 4.6.1. Membacakan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
Perhatikan bunyi akhir pada puisi Cita-Cita berikut.
Aku hanyalah insan biasa –––––––––––––––––– , bunyi akhirnya a
Bernaung di gedung ini untuk belajar ––––––––– , bunyi akhirnya a
Berjuang demi cita-cita –––––––––––––––––––– , bunyi akhirnya a
Sampai di mana pun akan kukejar –––––––––––– , bunyi akhirnya a
Perjalananku sangat panjang nan jauh ––– , bunyi akhirnya u
Berlayar di lautan ilmu ––––––––––––––– , bunyi akhirnya u
Menggapai asa yang terarah ––––––––––– , bunyi akhirnya a
Bersenjatakan pena dan buku ––––––––––, bunyi akhirnya u
Aku berlayar terus akhirnya –––––––––––––––– , bunyi akhirnya a
Lelah bukanlah hambatan –––––––––––––––––– , bunyi akhirnya a
Walau harus menaiki tebing yang tinggi ––––––– , bunyi akhirnya i
Menuju puncak ilmu masa depan –––––––––––– , bunyi akhirnya a
Apakah kesimpulan kalian setelah mengamati bunyi akhir tiap baris pada puisi di atas? Diskusikan dengan teman kalian. Tuliskan hasil diskusi kalian di buku tugas.
IPA
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. 3.2.1. Mengidentifikasi daur hidup kupu-kupu.
4.2.
Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya. 4.2.1. Membuat kesimpulan tentang daur hidup makhluk hidup yang berbeda dengan tepat.
DAUR HIDUP KUPU-KUPU
DAUR HIDUP BELALANG
Kumpulkan informasi mengenai metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna dari berbagai sumber.
Gunakan informasi yang kalian peroleh untuk melengkapi kalimat
berikut.
1. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah ....
2. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah ....
SBdP
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2. Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada. 3.2.1. Mengidentifikasi tanda tempo dan tinggi rendah nada dengan benar.
4.2.
Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. 4.2.1. Bernyanyi dengan tempo yang berbeda dengan tepat.
Istilah atau Tanda Tempo dan Keterangannya
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU) Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku/2
KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 3.6.1. Mengidentifikasi ciri-ciri puisi yang berkaitan dengan akhir baris pada bait dengan benar.
4.6.
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. 4.6.1. Membacakan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
Perhatikan bunyi akhir pada puisi Cita-Cita berikut.
Aku hanyalah insan biasa –––––––––––––––––– , bunyi akhirnya a
Bernaung di gedung ini untuk belajar ––––––––– , bunyi akhirnya a
Berjuang demi cita-cita –––––––––––––––––––– , bunyi akhirnya a
Sampai di mana pun akan kukejar –––––––––––– , bunyi akhirnya a
Perjalananku sangat panjang nan jauh ––– , bunyi akhirnya u
Berlayar di lautan ilmu ––––––––––––––– , bunyi akhirnya u
Menggapai asa yang terarah ––––––––––– , bunyi akhirnya a
Bersenjatakan pena dan buku ––––––––––, bunyi akhirnya u
Aku berlayar terus akhirnya –––––––––––––––– , bunyi akhirnya a
Lelah bukanlah hambatan –––––––––––––––––– , bunyi akhirnya a
Walau harus menaiki tebing yang tinggi ––––––– , bunyi akhirnya i
Menuju puncak ilmu masa depan –––––––––––– , bunyi akhirnya a
Apakah kesimpulan kalian setelah mengamati bunyi akhir tiap baris pada puisi di atas? Diskusikan dengan teman kalian. Tuliskan hasil diskusi kalian di buku tugas.
IPA
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2. Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. 3.2.1. Mengidentifikasi daur hidup kupu-kupu.
4.2.
Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya. 4.2.1. Membuat kesimpulan tentang daur hidup makhluk hidup yang berbeda dengan tepat.
DAUR HIDUP KUPU-KUPU
DAUR HIDUP BELALANG
Kumpulkan informasi mengenai metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna dari berbagai sumber.
Gunakan informasi yang kalian peroleh untuk melengkapi kalimat
berikut.
1. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah ....
2. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah ....
SBdP
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2. Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada. 3.2.1. Mengidentifikasi tanda tempo dan tinggi rendah nada dengan benar.
4.2.
Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. 4.2.1. Bernyanyi dengan tempo yang berbeda dengan tepat.
Istilah atau Tanda Tempo dan Keterangannya
Komentar
Posting Komentar