Hari/tanggal : 8 Januari 2020
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU) Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku/3
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 3.6.1. Mengidentifikasi isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6.
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. 4.6.1. Membuat puisi sendiri sebagai bentuk ungkapan diri.
PPKn
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3. Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. 3.2.1. Mengidentifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dengan baik.
4.3.
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari 4.2.1. Mengemukakan manfaat keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
IPS
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumberdaya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 3.2.1. Mengidentifikasi hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan benar.
4.1.
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 4.2.1. Melaporkan hubungan antara karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan tepat.
Perhatikan beberapa gambar hewan ternak berikut
Pernahkah kalian melihat hewan-hewan pada gambar di atas? Hewan-hewan tersebut merupakan contoh hewan ternak. Para peternak berusaha agar hasil pertenakannya memiliki kualitas yang baik. Hewan-hewan tersebut dipelihara manusia dan dimanfaatkan sesuai dengan tujuannya. Apakah manfaat dari tiap hewan-hewan pada gambar tersebut? Tuliskan manfaat dari tiap hewan pada tabel berikut.
Sekarang kalian tahu bahwa keragaman membuat kehidupan menjadi makin indah.
Keindahan keragaman dapat dituangkan dalam suatu puisi.
Perhatikan contoh puisi tentang keindahan yang ada di Buku Siswa.
Selanjutnya, kerjakan tugas berikut ini!
Jawablah beberapa pertanyaan berikut berdasarkan puisi di atas.
1. Apakah judul puisi di atas?
2. Siapakah pengarang puisi di atas?
3. Apakah yang kalian bayangkan ketika membaca puisi di atas?
4. Menurut kalian, apakah isi puisi di atas?
5. Berapakah jumlah bait dalam puisi di atas?
6. Berapakah jumlah baris di setiap baitnya?
7. Apakah rima setiap bait pada puisi di atas?
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 6. (CITA-CITAKU) Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku/3
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 3.6.1. Mengidentifikasi isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.6.
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. 4.6.1. Membuat puisi sendiri sebagai bentuk ungkapan diri.
PPKn
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3. Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. 3.2.1. Mengidentifikasi keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dengan baik.
4.3.
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari 4.2.1. Mengemukakan manfaat keragaman kegiatan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
IPS
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumberdaya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 3.2.1. Mengidentifikasi hubungan karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan benar.
4.1.
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 4.2.1. Melaporkan hubungan antara karakteristik ruang dengan sumber daya alam yang ada di lingkungannya dengan tepat.
Perhatikan beberapa gambar hewan ternak berikut
Pernahkah kalian melihat hewan-hewan pada gambar di atas? Hewan-hewan tersebut merupakan contoh hewan ternak. Para peternak berusaha agar hasil pertenakannya memiliki kualitas yang baik. Hewan-hewan tersebut dipelihara manusia dan dimanfaatkan sesuai dengan tujuannya. Apakah manfaat dari tiap hewan-hewan pada gambar tersebut? Tuliskan manfaat dari tiap hewan pada tabel berikut.
Sekarang kalian tahu bahwa keragaman membuat kehidupan menjadi makin indah.
Keindahan keragaman dapat dituangkan dalam suatu puisi.
Perhatikan contoh puisi tentang keindahan yang ada di Buku Siswa.
Selanjutnya, kerjakan tugas berikut ini!
Jawablah beberapa pertanyaan berikut berdasarkan puisi di atas.
1. Apakah judul puisi di atas?
2. Siapakah pengarang puisi di atas?
3. Apakah yang kalian bayangkan ketika membaca puisi di atas?
4. Menurut kalian, apakah isi puisi di atas?
5. Berapakah jumlah bait dalam puisi di atas?
6. Berapakah jumlah baris di setiap baitnya?
7. Apakah rima setiap bait pada puisi di atas?
Komentar
Posting Komentar