Subtema 2 : Hebatnya Cita - Citaku
Pembelajaran : 3 (Tiga)
Tanggal : 16 Januari 2020
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 3.6.1. menjelaskan cara membuat puisi dengan benar.
4.6.
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. 4.6.1. membuat puisi sendiri sebagai bentuk ungkapan diri.
Membuat Puisi
1. Ceritakan pendapat kalian mengenai puisi di atas. Bacalah kembali bacaan tentang Patih Gajah Mada yang dapat membuat kalian memahami puisi tersebut.
2. Salinlah puisi tersebut di buku tugas kalian dengan menggunakan pensil.
PPKn
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3. Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. 3.3.1. mengomunikasikan informasi tentang keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya dengan baik.
4.3.
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. 4.3.1. menunjukkan manfaat keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya dengan baik.
Keragaman Suku dan Budaya di Lingkungan Sekitar
Nusantara terdiri atas berbagai suku bangsa
1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3–5 siswa.
2. Kumpulkan informasi dari dua orang teman di sekolah kalian tentang suku asal atau daerah asal mereka.
3. Lakukan langkah-langkah seperti pada Buku Siswa
IPS
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 3.1.1. mengidentifikasikan sumber daya alam yang ada di sekitarnya dengan tepat.
4.1.
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 4.1.1. menyajikan hasil pengamatan sumber daya alam yang ada di sekitarnya dengan tepat.
Sumber daya alam yang ada di sekitar
Perhatikan daerah di sekitar tempat tinggal kalian. Amatilah beberapa sumber daya alam yang ada di sekitar kalian. Apakah manfaat dari tiap sumber daya alam tersebut? Catatlah sumber daya alam tersebut dalam bentuk tabel seperti berikut.
Bagaimanakah cara keluarga kalian memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar rumah kalian? Ceritakan cara keluarga kalian memanfaatkan sumber daya alam tersebut
Pembelajaran : 3 (Tiga)
Tanggal : 16 Januari 2020
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6. Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan. 3.6.1. menjelaskan cara membuat puisi dengan benar.
4.6.
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. 4.6.1. membuat puisi sendiri sebagai bentuk ungkapan diri.
Membuat Puisi
1. Ceritakan pendapat kalian mengenai puisi di atas. Bacalah kembali bacaan tentang Patih Gajah Mada yang dapat membuat kalian memahami puisi tersebut.
2. Salinlah puisi tersebut di buku tugas kalian dengan menggunakan pensil.
PPKn
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3. Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. 3.3.1. mengomunikasikan informasi tentang keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya dengan baik.
4.3.
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. 4.3.1. menunjukkan manfaat keragaman suku dan budaya di lingkungan sekitarnya dengan baik.
Keragaman Suku dan Budaya di Lingkungan Sekitar
Nusantara terdiri atas berbagai suku bangsa
1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3–5 siswa.
2. Kumpulkan informasi dari dua orang teman di sekolah kalian tentang suku asal atau daerah asal mereka.
3. Lakukan langkah-langkah seperti pada Buku Siswa
IPS
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 3.1.1. mengidentifikasikan sumber daya alam yang ada di sekitarnya dengan tepat.
4.1.
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. 4.1.1. menyajikan hasil pengamatan sumber daya alam yang ada di sekitarnya dengan tepat.
Sumber daya alam yang ada di sekitar
Perhatikan daerah di sekitar tempat tinggal kalian. Amatilah beberapa sumber daya alam yang ada di sekitar kalian. Apakah manfaat dari tiap sumber daya alam tersebut? Catatlah sumber daya alam tersebut dalam bentuk tabel seperti berikut.
Bagaimanakah cara keluarga kalian memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar rumah kalian? Ceritakan cara keluarga kalian memanfaatkan sumber daya alam tersebut
Komentar
Posting Komentar