Hari/tanggal : Senin, 11 Oktober 2019
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 5. (PAHLAWANKU) Subtema 2 Sikap Kepahlawanan/1
KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
4.8 Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan bahasa sendiri.
Indikator
3.8.2 Menyebutkan informasi sikap kepahlawanan dengan menggunakan tabel KW (know –what do you want to know)
4.8.2 Mempresentasikan informasi tentang sikap kepahlawanan berdasarkan tabel KW melalui bahasa lisan dan tulisan.
IPA
3.7 Memahami sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
Indikator
3.7.1 Mengidentifikasi sifat- sifat cahaya melalui percobaan dengan jenis-jenis cermin
4.7.1 Melaporkan hasil percobaan sifat cahaya melalui percobaan dengan berbagai jenis cermin.
IPS
3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
Indikator
3.4.2 Menyebutkan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan kerajaan masa Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi mastarakat di wilayah setempat.
4.4.2 Membuat laporan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan kerajaan masa Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran.
MATERI AJAR
BAHASA INDONESIA
Mengisi tabel KW (Know – apa yang diketahui, W- Apa yang ini diketahui lebih lanjut) setelah membaca teks
Bacalah teks Kapitan Pattimura yang ada di Buku Siswa dengan saksama!
Selanjutnya, kerjakan tugas berikut ini!
1. Siapa Kapitan Pattimura?
2. Apa arti gelar ”kapitan” yang melekat pada namanya?
3. Bagaimana kondisi daerah kelahirannya pada masa penjajahan Belanda?
4. Apa yang dilakukan penjajah Belanda yang menyebabkan keadaan rakyat di
Maluku menjadi sengsara?
5. Apa peranan Pattimura dalam menumpas penjajahan di Tanah Airnya?
6. Bagaimana sifat-sifat Pattimura yang layak diteladani sebagai seorang
pahlawan?
7. Apa yang menyebabkan rakyat Maluku yang dipimpin Kapitan Pattimura
mengalami kekalahan dalam pertempuran?
IPS
Mempresentasikan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan sikap kepahlawanan raja-Raja di masa Hindu, Budha dan Islam serta pengaruhnya.
Pahlawan Indonesia
Pahlawan adalah seseorang yang berjuang untuk negara. Setiap negara mempunyai pahlawan nasional. Ia melakukan sesuatu yang berani dan membanggakan.
Indonesia memiliki banyak pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan. Mereka berjuang mengangkat senjata untuk mengusir penjajah dari Indonesia.
Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini tidak terlepas dari perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan. Mereka bukan hanya mengorbankan harta, namun juga jiwa dan raga. Karena perjuangan mereka, kita dapat menikmati kebebasan; kebebasan dalam menentukan cita-cita, mendapatkan pendidikan, serta kebebasan mengemukakan pendapat.
IPA
Membuat percobaan dengan cermin cekung, cermin cembung dan cermin datar
Alat dan Bahan:
1. Cermin datar, dapat berupa cermin rias.
2. Cermin cekung, dapat berupa bagian dalam sendok makan stainless steel.
3. Cermin cembung, dapat berupa kaca spion atau bagian luar sendok yang mengilap.
Sifat-sifat cermin banyak dimanfaatkan manusia. Cermin datar untuk berhias atau berdandan. Cermin cekung untuk reflektor pada lampu kendaraan dan lampu senter. Sementara itu, cermin cembung banyak dipakai pada spion mobil, mengawasi barang dagangan di supermarket, dan mengawasi kendaraan dari arah berlawanan di tikungan jalan. Diskusikan dengan teman kalian manfaat cermin lainnya yang sering kalian jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sampaikan hasil diskusi kalian di depan kelas!
Kelas : IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 5. (PAHLAWANKU) Subtema 2 Sikap Kepahlawanan/1
KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
4.8 Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan bahasa sendiri.
Indikator
3.8.2 Menyebutkan informasi sikap kepahlawanan dengan menggunakan tabel KW (know –what do you want to know)
4.8.2 Mempresentasikan informasi tentang sikap kepahlawanan berdasarkan tabel KW melalui bahasa lisan dan tulisan.
IPA
3.7 Memahami sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/ atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
Indikator
3.7.1 Mengidentifikasi sifat- sifat cahaya melalui percobaan dengan jenis-jenis cermin
4.7.1 Melaporkan hasil percobaan sifat cahaya melalui percobaan dengan berbagai jenis cermin.
IPS
3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
Indikator
3.4.2 Menyebutkan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan kerajaan masa Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi mastarakat di wilayah setempat.
4.4.2 Membuat laporan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan kerajaan masa Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran.
MATERI AJAR
BAHASA INDONESIA
Mengisi tabel KW (Know – apa yang diketahui, W- Apa yang ini diketahui lebih lanjut) setelah membaca teks
Bacalah teks Kapitan Pattimura yang ada di Buku Siswa dengan saksama!
Selanjutnya, kerjakan tugas berikut ini!
1. Siapa Kapitan Pattimura?
2. Apa arti gelar ”kapitan” yang melekat pada namanya?
3. Bagaimana kondisi daerah kelahirannya pada masa penjajahan Belanda?
4. Apa yang dilakukan penjajah Belanda yang menyebabkan keadaan rakyat di
Maluku menjadi sengsara?
5. Apa peranan Pattimura dalam menumpas penjajahan di Tanah Airnya?
6. Bagaimana sifat-sifat Pattimura yang layak diteladani sebagai seorang
pahlawan?
7. Apa yang menyebabkan rakyat Maluku yang dipimpin Kapitan Pattimura
mengalami kekalahan dalam pertempuran?
IPS
Mempresentasikan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan sikap kepahlawanan raja-Raja di masa Hindu, Budha dan Islam serta pengaruhnya.
Pahlawan Indonesia
Pahlawan adalah seseorang yang berjuang untuk negara. Setiap negara mempunyai pahlawan nasional. Ia melakukan sesuatu yang berani dan membanggakan.
Indonesia memiliki banyak pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan. Mereka berjuang mengangkat senjata untuk mengusir penjajah dari Indonesia.
Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini tidak terlepas dari perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan. Mereka bukan hanya mengorbankan harta, namun juga jiwa dan raga. Karena perjuangan mereka, kita dapat menikmati kebebasan; kebebasan dalam menentukan cita-cita, mendapatkan pendidikan, serta kebebasan mengemukakan pendapat.
IPA
Membuat percobaan dengan cermin cekung, cermin cembung dan cermin datar
Alat dan Bahan:
1. Cermin datar, dapat berupa cermin rias.
2. Cermin cekung, dapat berupa bagian dalam sendok makan stainless steel.
3. Cermin cembung, dapat berupa kaca spion atau bagian luar sendok yang mengilap.
Sifat-sifat cermin banyak dimanfaatkan manusia. Cermin datar untuk berhias atau berdandan. Cermin cekung untuk reflektor pada lampu kendaraan dan lampu senter. Sementara itu, cermin cembung banyak dipakai pada spion mobil, mengawasi barang dagangan di supermarket, dan mengawasi kendaraan dari arah berlawanan di tikungan jalan. Diskusikan dengan teman kalian manfaat cermin lainnya yang sering kalian jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sampaikan hasil diskusi kalian di depan kelas!
Komentar
Posting Komentar