Mater senin 4 November 2019


Hari/tanggal :         Nopember 2019
Kelas :  IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 5. (PAHLAWANKU)Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan/2

KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
1     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.4  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.3  Menerima keberagaman umat beragama di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.3  Menerima keberagaman umat beragama di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari

Indikator
3.1.10 Menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke empat Pancasila
4.1.10 Memberikan contoh pengamalan dari sila pertama dalam kehidupan sehari-hari.

SBdP
3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang dan cepat melalui lagu
Indikator
3.2.3 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu maju tak gentar
4.2.3 Menyanyikan notasi lagu maju tak gentar sesuai dengan tinggi rendah nada

Materi Ajar
PPKN
Kalian telah belajar tentang pahlawan-pahlawan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Bagaimana pendapat kalian tentang sikap-sikap mereka? Apakah sikap-sikap mereka dapat diteladani oleh generasi saat ini? Adakah sikap mereka yang tidak dapat diteladani? Apa alasan kalian?

Apakah menurut kalian sikap-sikap yang dilakukan Airlangga telah mencerminkan nilai-nilai dalam Pancasila? Jika ya, nilai-nilai tersebut merupakan butir sila keberapa dalam Pancasila?
Apa nilai-nilai tersebut? Sila tersebut dilambangkan dengan gambar apa?
Berdiskusilah dengan salah seorang teman kalian, kemudian jelaskan hasil diskusi kalian di depan kelas!
Sikap Airlangga mencerminkan nilai-nilai Pancasila yaitu sila keempat. Perhatikan gambar berikut!




Mana yang merupakan gambar lambang sila keempat Pancasila?
Bubuhkan tanda centang pada      sesuai gambar lambang sila keempat Pancasila!
Jika sudah, coba urutkan gambar lambang sila-sila Pancasila tersebut sesuai urutan yang benar!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Bagaimana bunyi sila keempat Pancasila?
2. Apa simbol sila keempat Pancasila?
3. Apa makna sila keempat Pancasila?
4. Apa kaitan antara gambar simbol Pancasila tersebut dengan maknanya

SBDP




























Hari/tanggal :         Nopember 2019
Kelas :  IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB : 5. (PAHLAWANKU)Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan/5
KOMPETENSI DASAR (KD)
IPS
3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat
4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungandaerah setempat
Indikator
3.4.2 Menjelaskan perjuangan tokoh di zaman hindu Buddha
4.4.2 Menceritakan perjuangan tokoh di zaman Hindu Budha

SBdP
3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang dan cepat melalui lagu
Indikator
3.2.3 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu maju tak gentar
4.2.2 Menyanyikan notasi lagu maju tak gentar sesuai dengan tinggi rendah nada

MATERI AJAR
IPS
Bacalah teks tentang Gajah Mada yang ada di Buku Siswa!
Selanjutnya, kerjakan tugas berikut ini!

Diskusikan pertanyaan ini dengan dua orang teman kalian! Kemudian, simpulkan hasil diskusi kalian!
1. Apa peranan Gajah Mada terhadap kejayaan Kerajaan Majapahit?
2. Apa sifat-sifat kepahlawanan yang ditunjukkan oleh Gajah Mada selama   
            menjadi patih Majapahit?
3. Apakah menurut kalian dengan apa yang dilakukan oleh Gajah Mada
           tersebut, ia layak disebut sebagai pahlawan?

SBDP
Hapalkan lagu wajib Nasional SATU NUSA SATU BANGSA
Berlatihlah menyanyikan lagu ”Satu Nusa Satu Bangsa”! Saat menyanyi, perhatikan ketepatan nada dan tempo lagu. Lagu ”Satu Nusa Satu Bangsa” dinyanyikan dengan tempo Andante Maestoso, artinya lambat dengan birama 4/4.



Hari/tanggal :         Nopember 2019
Kelas :  IV(EMPAT)
Tema/subtema/PB    : 4. (PAHLAWANKU)Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan/6


KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi
4.7 Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru secara tertulis dengan bahasa sendiri.
Indikator
3.7.1 Menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional Indonesia
4.8.3 Mempresentasikan informasi yang diperoleh melalui bahasa lisan dan tulisan tentang pahlawan nasional Indonesia

PPKn
1     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.4  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.3  Menerima keberagaman umat beragama di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.3  Menerima keberagaman umat beragama di masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari- hari.
4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari- hari
Indikator
3.1.6 Menjelaskan kaitan sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila
4.1.6 Menceritakan kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila

MATERI AJAR
BAHASA INDONESIA
Wilayah Indonesia terdiri dari beberapa pulau. Setiap pulau didiami oleh masyarakat dari berbagai suku bangsa. Meskipun demikian, setiap suku bangsa saling menghormati dan menghargai perbedaan adat dan budaya sehingga tetap terjalin keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Di wilayah Nusantara, selain terdapat kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha, berkembang juga kerajaan Islam. Salah satu kerajaan Islam di Nusantara adalah Kesultanan Yogyakarta. Salah satu tokoh yang berperan dalam kejayaan Kesultanan Yogyakarta adalah Pangeran Diponegoro.
1. Apakah kalian pernah mendengar nama Pangeran Diponegoro?
2. Apa yang kalian ketahui tentang Pangeran Diponegoro?
3. Carilah informasi tentang teks Pangeran Diponegoro di internet!
Selanjutnya, kerjakan tugas berikut ini!
Berdasarkan cerita tentang perjuangan Pangeran Diponegoro yang telah kalian baca tersebut, buatlah  peta pikiran sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro!
Dari masa kelahiran, masa remaja n masa dewasa kisah hidupnya



PPKN
Sikap Kepahlawanan
Sikap kepahlawanan memiliki nilai-nilai untuk diteladani. Pengamalan sila pada Pancasila juga dapt tercermin dari sikap kepahlawanan. Contoh sikap kepahlawanan misalnya: Jujur,tekun, cinta tanah air, pantang menyerah, displin, rela berkorban dan kerja keras.
Pangeran Diponegoro adalah pahlawan Nasional yang memiliki sifat terpuji. Meskipun berasal dari golongan bangsawan, tetapi ia bergaul tanpa membedakan kedudukan. Ia mau berteman dengan siapa pun. Ia juga sosok pahlawan yang tidak silau dengan harta dunia (kekayaan). Ia memilih hidup sebagai rakyat biasa, daripada menjadi raja menggantikan takhta ayahnya.
1. Apa yang dapat kalian teladani dari perjuangan Pangeran Diponegoro?
2. Menurut kalian, apakah sikap Pangeran Diponegoro tersebut mencerminkan nilai-nilai dalam Pancasila? Jika ya, sila berapa yang mencerminkan sikap mulia Pangeran Diponegoro tersebut? Bagaimana bunyi sila tersebut?
3. Apakah sifat dan perilaku Pangeran Diponegoro tersebut dapat diteladani oleh anak-anak dan generasi muda saat ini? Berikan alasan kalian!


Komentar