Materi senin 28 Oktober 2019

Hari/tanggal :             Oktober 2019
Kelas :  4
Tema/subtema PB : 4. (BERBAGAI PEKERJAAN)
Sub 3 (Pekerjaan Orang Tuaku/3)

KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.5 Membangun pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
4.5 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan.
Indikator:
3.5.6 Menilai komentar terhadap suatu dongeng
4.5.6 Menyampaikan komentar lisan dan tulisan terhadap pendapat pada suatu dongeng

IPA
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
Indikator:
3.8.6 Mengidentifikasi pentingnya pemanfaatan barang bekas sebagai usaha pelestarian sumber daya alam
4.8.6 Mengomunikasikan contoh kegiatan pemanfaatan sampah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam
MATERI AJAR
BAHASA INDONESIA
Memberi pendapat atas suatu cerita
Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai suatu hal. Pendapat dapat berupa pujian atau kritik. Pujian berarti tanggapan positif mengenai suatu hal. Sementara itu, kritik adalah tanggapan yang bersifat negatif.  Pendapat disebut juga opini.
Ada beberapa tata cara yang harus diperhatikan saat memberikan pendapat mengenai suatu cerita, antara lain:
1. Pastikan kamu telah membaca teks dengan saksama.
2. Pendapat harus didasarkan pada apa yang dibahas dalam teks.
3. Pastikan untuk menyampaikan pendapat secara sopan dan tidak emosional, serta
4. Ungkapkan secara jelas bagian mana yang layak mendapat pujian/kritikan.

IPA
Pemanfaatan barang bekas dapat mengurangi pencemaran.
Ada berbagai cara mengolah sampah.
Pelajarilah beberapa cara mengelola sampah yang bisa kalian lakukan.
1. Mengurangi Pemakaian
2. Memakai Kembali
3. Mendaur Ulang
4. Mengganti Ulang
Bacalah dalam hati teks Pemanfaatan Limbah yang ada di Buku Siswa! Sambil membaca, berilah tanda kata-kata kunci pada teks tersebut!
Selanjutnya, lakukan tugas berikut ini!
Berdiskusilah untuk membuat peta pikiran tentang isi teks di atas! Perhatikan contoh berikut ini! Kalian bisa membuat peta pikiran yang berbeda


Komentar