Subtema 2 : Pekerjaan di Sekitarku
Pembelajaran : 6 (Enam)
Tanggal :
BAHASA INDONESIA
3.5 Membangun pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
4.5 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan.
Indikator:
3.5.4 Menilai unsur cerita (pesan moral) menggunakan pendapat pribadi.
4.5.4 Menyajikan penilaian unsur cerita (pesan moral) berdasarkan pendapat pribadi.
Materi
Menyampaikan pendapat biasa ditemui dalam acara diskusi.
Di luar diskusipun penyampaian pendapat juga dapat dilakukan, biasanya dalam bentuk tulisan.
Penyampaian pendapat pribadi dalam bentuk tulisan terkait dengan pandangannya terhadap suatu tulisan.
Berkaitan dengan hal tersebut tulisan harus jelas, mudah dimengerti, serta tidak mengandung unsur kebencian yang menyebabkan perpecahan.
Sebagai bahan latihan, bacalah cerita Raja Parkit yang Cerdik yang ada dalam Buku Siswa/bupena 4 B Hlm 35!
1. Tuliskan pesan moral dari cerita tersebut!
2. Tukarkan pesan moral yang telah kamu tulis dengan teman dan berilah komentar tentang pesan moral tersebut!
3. Apakah pada cerita di atas kamu menemukan sikap-sikap yang baik dan sikap yang kurang baik?
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.1 Menerima dengan rasa syukur hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Menerima hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.1.6 Membedakan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik dikaitkan dengan nilai-nilai Pancasila.
4.1.6 Menyajikan perbedaan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik dikaitkan dengan nilai-nilai Pancasila
Materi
Manusia diciptakan untuk saling membutuhkan.
Ketika masih bayi, kamu membutuhkan ibu dan ayahmu.
Mereka yang mencukupi segala keinginanmu.
Setelah agak dewasa, kamu membutuhkan teman-teman bermain.
Kamu mulai mengenal orang-orang sekitar tempat tinggalmu.
Di dalam memilih teman tidak boleh membedakan sukunya, kaya atau miskin, serta agamanya.
Bacalah cerita anak di internet,koran atau pun buku cerita. Kamu dapat memilih cerita si pitung dan Malin Kundang
Jelaskan siakp-sikap tokoh pada cerita tersebut berdasarkan sikap baik dan tidak baik pada tabel!
Pembelajaran : 6 (Enam)
Tanggal :
BAHASA INDONESIA
3.5 Membangun pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
4.5 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan.
Indikator:
3.5.4 Menilai unsur cerita (pesan moral) menggunakan pendapat pribadi.
4.5.4 Menyajikan penilaian unsur cerita (pesan moral) berdasarkan pendapat pribadi.
Materi
Menyampaikan pendapat biasa ditemui dalam acara diskusi.
Di luar diskusipun penyampaian pendapat juga dapat dilakukan, biasanya dalam bentuk tulisan.
Penyampaian pendapat pribadi dalam bentuk tulisan terkait dengan pandangannya terhadap suatu tulisan.
Berkaitan dengan hal tersebut tulisan harus jelas, mudah dimengerti, serta tidak mengandung unsur kebencian yang menyebabkan perpecahan.
Sebagai bahan latihan, bacalah cerita Raja Parkit yang Cerdik yang ada dalam Buku Siswa/bupena 4 B Hlm 35!
1. Tuliskan pesan moral dari cerita tersebut!
2. Tukarkan pesan moral yang telah kamu tulis dengan teman dan berilah komentar tentang pesan moral tersebut!
3. Apakah pada cerita di atas kamu menemukan sikap-sikap yang baik dan sikap yang kurang baik?
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.1 Menerima dengan rasa syukur hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Menerima hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.1.6 Membedakan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik dikaitkan dengan nilai-nilai Pancasila.
4.1.6 Menyajikan perbedaan sikap yang baik dan sikap yang tidak baik dikaitkan dengan nilai-nilai Pancasila
Materi
Manusia diciptakan untuk saling membutuhkan.
Ketika masih bayi, kamu membutuhkan ibu dan ayahmu.
Mereka yang mencukupi segala keinginanmu.
Setelah agak dewasa, kamu membutuhkan teman-teman bermain.
Kamu mulai mengenal orang-orang sekitar tempat tinggalmu.
Di dalam memilih teman tidak boleh membedakan sukunya, kaya atau miskin, serta agamanya.
Bacalah cerita anak di internet,koran atau pun buku cerita. Kamu dapat memilih cerita si pitung dan Malin Kundang
Jelaskan siakp-sikap tokoh pada cerita tersebut berdasarkan sikap baik dan tidak baik pada tabel!
Komentar
Posting Komentar