Subtema 2 : Pekerjaan di Sekitarku
Pembelajaran : 2 (Dua)
Tanggal : Oktober 2019
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.1 Menerima dengan rasa syukur hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Menerima hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.1.4 Menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila kedua Pancasila.
4.1.4 Menganalisis masalah yang terkait dengan sila kedua Pancasila.
Materi
Di bawah ini terdapat empat buah gambar yang semuanya mencerminkan pengamalan sila ke-2 Pancasila. Amatilah dengan saksama gambar tersebut! Berilah keterangan gambar serta komentar di bawah gambar!
Sila ke-2 Pancasila mengajarkan kepada kita untuk memiliki kepedulian terhadap sesama.
Kita juga diperintahkan untuk membantu kepada sesama.
SBdP
3.1 Memahami gambar dan bentuk tiga dimensi.
4.1 Menggambar dan membentuk tiga dimensi.
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi hal-hal yang diperhatikan saat menggambar.
4.1.2 Menggambar kegiatan yang menunjukkan pengamalan sila kedua pancasila.
Materi
Ilustrasi adalah gambar berupa foto atau lukisan untuk memperjelas isi buku, karangan dan sebagainya. Untuk menggambar suatu ilustrasi, kita perlu menentukan tema gambar misalnya, gambar ilustrasi mengenai kegiatan atau mengamati suatu objek/benda.
Contoh objek yang diamati:
1. Pengamatan
2. Membuat sketsa
Garis dibuat untuk mempermudah sketsa
3. Menentukan penyinaran/gelap terang
4. Menentukan teknik
5. Penyelesaian
Pembelajaran : 2 (Dua)
Tanggal : Oktober 2019
PPKn
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.1 Menerima dengan rasa syukur hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
2.1 Menerima hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.1.4 Menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila kedua Pancasila.
4.1.4 Menganalisis masalah yang terkait dengan sila kedua Pancasila.
Materi
Di bawah ini terdapat empat buah gambar yang semuanya mencerminkan pengamalan sila ke-2 Pancasila. Amatilah dengan saksama gambar tersebut! Berilah keterangan gambar serta komentar di bawah gambar!
Sila ke-2 Pancasila mengajarkan kepada kita untuk memiliki kepedulian terhadap sesama.
Kita juga diperintahkan untuk membantu kepada sesama.
SBdP
3.1 Memahami gambar dan bentuk tiga dimensi.
4.1 Menggambar dan membentuk tiga dimensi.
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi hal-hal yang diperhatikan saat menggambar.
4.1.2 Menggambar kegiatan yang menunjukkan pengamalan sila kedua pancasila.
Materi
Ilustrasi adalah gambar berupa foto atau lukisan untuk memperjelas isi buku, karangan dan sebagainya. Untuk menggambar suatu ilustrasi, kita perlu menentukan tema gambar misalnya, gambar ilustrasi mengenai kegiatan atau mengamati suatu objek/benda.
Contoh objek yang diamati:
1. Pengamatan
2. Membuat sketsa
Garis dibuat untuk mempermudah sketsa
3. Menentukan penyinaran/gelap terang
4. Menentukan teknik
5. Penyelesaian
Komentar
Posting Komentar