Hari/tanggal : Oktober 2019
Kelas : 4
Tema/subtema PB : 4. (BERBAGAI PEKERJAAN)
Sub 3 (Pekerjaan Orang Tuaku/1)
KOMPTENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.5 Membangun pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
4.5 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan.
Indikator:
3.5.5 Menilai kejadian yang terdapat di dalam dongeng.
4.5.5 Mendeskripsikan penilaian dongeng secara lisan dan tulisan.
IPA
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
Indikator:
3.8.5 Mengidentifikasi dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol.
4.8.5 Memberikan tulisan kegiatan pencegahan berkurangnya sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dibidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
Indikator:
3.3.5 Menyebutkan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya
4.3.5 Melaporkan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya.
IPS
Apakah pekerjaan orang tuamu? Di manakah orang tuamu bekerja? Pasti jawabanmu bermacam-macam. Ada orang tuamu yang bekerja sebagai petani, guru, polisi, tentara, pedagang, nelayan, arsitek, atau pekerjaan lainnya. Setiap jenis pekerjaan memiliki tugas yang berbeda. Masing-masing profesi tersebut harus kita hargai karena mempunyai peran yang penting dalam kehidupan masyarakat. Sebagai anak, kita harus bangga dengan pekerjaan orang tua kita.
BAHASA INDONESIA
Untuk dapat menemukan tema dan tokoh, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.
1. Bacalah cerita dengan seksama!
2. Catatlah siapa atau apa tokoh yang diceritakan!
3. Catatlah hal-hal yang paling sering dibicarakan dalam cerita tersebut!
Sebagai bahan latihan, baca dan temukan unsur-unsur cerita pada bacaan yang ada di Buku Siswa!
IPA
Perkembangan pemanfaatan sumber daya alam
1. Bagaimana kondisi hutan Kalimantan pada tahun 1950?
2. Bagaimana dengan kondisi hutan Kalimantan pada tahun 1985? Bandingkan dengan tahun 1950!
3. Adakah perbedaan atau perubahan yang terjadi, yang dapat terlihat pada gambar tersebut dari tahun ke tahun?
4. Mengapa bisa terjadi perubahan tersebut?
5. Apakah yang akan terjadi di masa mendatang, jika perubahan tersebut terus terjadi?
6. Apa akibatnya jika sampai hutan Kalimantan makin hilang?
7. Apa yang harus dilakukan untuk mencegah kerusakan dan menyusutnya hutan Kalimantan?
PENGOLAHAN SAMPAH
Sampah merupakan material sisa baik dari hewan, manusia, maupun tumbuhan yang tidak terpakai lagi dan dilepaskan ke alam dalam bentuk padatan, cair ataupun gas.
Sampah adalah sebagian dari sesuatu yang tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang harus dibuang.
Pengelolaan sampah merupakan proses yang diperlukan dengan dua tujuan:
a. mengubah sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomis (pemanfaatan sampah);
b. mengolah sampah agar menjadi material yang tidak membahayakan bagi lingkungan hidup.
Metode pengelolaan sampah berbeda-beda tergantung banyak hal, di antaranya tipe zat sampah, lahan yang digunakan untuk mengolah, dan ketersediaan lahan
Kelas : 4
Tema/subtema PB : 4. (BERBAGAI PEKERJAAN)
Sub 3 (Pekerjaan Orang Tuaku/1)
KOMPTENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.5 Membangun pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
4.5 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan.
Indikator:
3.5.5 Menilai kejadian yang terdapat di dalam dongeng.
4.5.5 Mendeskripsikan penilaian dongeng secara lisan dan tulisan.
IPA
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
Indikator:
3.8.5 Mengidentifikasi dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol.
4.8.5 Memberikan tulisan kegiatan pencegahan berkurangnya sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3 Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dibidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
Indikator:
3.3.5 Menyebutkan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya
4.3.5 Melaporkan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya.
IPS
Apakah pekerjaan orang tuamu? Di manakah orang tuamu bekerja? Pasti jawabanmu bermacam-macam. Ada orang tuamu yang bekerja sebagai petani, guru, polisi, tentara, pedagang, nelayan, arsitek, atau pekerjaan lainnya. Setiap jenis pekerjaan memiliki tugas yang berbeda. Masing-masing profesi tersebut harus kita hargai karena mempunyai peran yang penting dalam kehidupan masyarakat. Sebagai anak, kita harus bangga dengan pekerjaan orang tua kita.
BAHASA INDONESIA
Untuk dapat menemukan tema dan tokoh, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.
1. Bacalah cerita dengan seksama!
2. Catatlah siapa atau apa tokoh yang diceritakan!
3. Catatlah hal-hal yang paling sering dibicarakan dalam cerita tersebut!
Sebagai bahan latihan, baca dan temukan unsur-unsur cerita pada bacaan yang ada di Buku Siswa!
IPA
Perkembangan pemanfaatan sumber daya alam
1. Bagaimana kondisi hutan Kalimantan pada tahun 1950?
2. Bagaimana dengan kondisi hutan Kalimantan pada tahun 1985? Bandingkan dengan tahun 1950!
3. Adakah perbedaan atau perubahan yang terjadi, yang dapat terlihat pada gambar tersebut dari tahun ke tahun?
4. Mengapa bisa terjadi perubahan tersebut?
5. Apakah yang akan terjadi di masa mendatang, jika perubahan tersebut terus terjadi?
6. Apa akibatnya jika sampai hutan Kalimantan makin hilang?
7. Apa yang harus dilakukan untuk mencegah kerusakan dan menyusutnya hutan Kalimantan?
PENGOLAHAN SAMPAH
Sampah merupakan material sisa baik dari hewan, manusia, maupun tumbuhan yang tidak terpakai lagi dan dilepaskan ke alam dalam bentuk padatan, cair ataupun gas.
Sampah adalah sebagian dari sesuatu yang tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang harus dibuang.
Pengelolaan sampah merupakan proses yang diperlukan dengan dua tujuan:
a. mengubah sampah menjadi material yang memiliki nilai ekonomis (pemanfaatan sampah);
b. mengolah sampah agar menjadi material yang tidak membahayakan bagi lingkungan hidup.
Metode pengelolaan sampah berbeda-beda tergantung banyak hal, di antaranya tipe zat sampah, lahan yang digunakan untuk mengolah, dan ketersediaan lahan
Komentar
Posting Komentar