Subtema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran : 3 (Tiga)
Tanggal :
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
Indikator:
3.3.1 Membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara
4.3.1 Membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara.
Membuat daftar pertanyaan dilakukan sebelum melakukan wawancara. Kalimat pertanyaan menggunakan kata tanya, sepert apa, siapa, bagaimana,dimana, mengapa, ,kapan dan berapa. Pertanyaan yang baik juga tidak menyinggung perasaan nanarasumber.. pertanyaan harus mengarah pada topik atau masalah yang ditanyakan.
Contoh pertanyaan:
Topik : Usah mengembangbiakkan kaktus.
Pertanyaan:
- Jenis kaktus apa yang mudah dibudidayakan?
- Bagaimana cara merawat kaktus?
IPA
3.1 Memahami hubungan anatara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
Indikator:
3.8.4 Mengidentifikasi fungsi hewan dalam pelestarian lingkungan
4.8.4 Membuat diagram venn fungsi hewan dalam pelestarian lingkungan
Hewan dan Makanannya
Materi ini akan bertujuan agar anak dapat mengetahui jenis-jenis hewan dan berdasarkan makananya.
a. Hewan Herbivora
b. Hewan Karnivora
c. Hewan Omnivora
Hidup Hewan
Materi ini bertujuan agar anak tahu daur hidup hewan dan cara memelihara hewan.
a. Daur hidup hewan meliputi:
– Tanpa metamorfosis
– Melalui Metamorfosis, yang terdiri dari:
• Metamorfosis sempurna
• Metamorfosis tidak sempurna
b. Cara Memelihara hewan
Makhluk hidup dan lingkungannya
Materi ini bertujuan agar anak dapat mengetahui hubungan antarmakhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
a. Hubungan antar makhluk meliputi:
Simbiosis, yang terdiri atas:
• Simbiosis Mutualisme
• Simbiosis Komensalisme
• Simbiosis Parasitisme
• Rantai makanan
b. Hubungan antar makhluk hidup dan lingkungannya
Pembelajaran : 3 (Tiga)
Tanggal :
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
Indikator:
3.3.1 Membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara
4.3.1 Membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara.
Membuat daftar pertanyaan dilakukan sebelum melakukan wawancara. Kalimat pertanyaan menggunakan kata tanya, sepert apa, siapa, bagaimana,dimana, mengapa, ,kapan dan berapa. Pertanyaan yang baik juga tidak menyinggung perasaan nanarasumber.. pertanyaan harus mengarah pada topik atau masalah yang ditanyakan.
Contoh pertanyaan:
Topik : Usah mengembangbiakkan kaktus.
Pertanyaan:
- Jenis kaktus apa yang mudah dibudidayakan?
- Bagaimana cara merawat kaktus?
IPA
3.1 Memahami hubungan anatara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
Indikator:
3.8.4 Mengidentifikasi fungsi hewan dalam pelestarian lingkungan
4.8.4 Membuat diagram venn fungsi hewan dalam pelestarian lingkungan
Hewan dan Makanannya
Materi ini akan bertujuan agar anak dapat mengetahui jenis-jenis hewan dan berdasarkan makananya.
a. Hewan Herbivora
b. Hewan Karnivora
c. Hewan Omnivora
Hidup Hewan
Materi ini bertujuan agar anak tahu daur hidup hewan dan cara memelihara hewan.
a. Daur hidup hewan meliputi:
– Tanpa metamorfosis
– Melalui Metamorfosis, yang terdiri dari:
• Metamorfosis sempurna
• Metamorfosis tidak sempurna
b. Cara Memelihara hewan
Makhluk hidup dan lingkungannya
Materi ini bertujuan agar anak dapat mengetahui hubungan antarmakhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
a. Hubungan antar makhluk meliputi:
Simbiosis, yang terdiri atas:
• Simbiosis Mutualisme
• Simbiosis Komensalisme
• Simbiosis Parasitisme
• Rantai makanan
b. Hubungan antar makhluk hidup dan lingkungannya
Komentar
Posting Komentar