Subtema 2 : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran : 4 (Empat)
Tanggal :
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulisan
Indikator:
3.3.6 Mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan yang baik.
4.3.6 Mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri-ciri pertanyaan yang baik.
Apakah kamu pernah bertanya kepada guru atau teman? kira-kira apakah sama pertanyaannya jika hal yang ingin kalian tanyakan sama? Aku yakin tidak, karena pertanyaan kepada guru pasti lebih sopan dan dipikirkan terlebih dahulu. Sekarang apakah kamu pernah ditanya temanmu? apa reaksimu jika ternyata pertanyaan itu diucapkan dengan kata-kata kasar atau kurang sopan?
Sudah jelas, kamu tidak akan menjawabnya, atau bahkan mengabaikan kemudian pergi. Begitu juga dengan wawancara, karena orang yang di wawancara adalah orang yang memiliki informasi, sehingga untuk mendapatkannya kita harus bertanya dengan baik dan sopan.
PPKN
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
3.2.13 Menjelaskan dampak dari melaksanakan hak dan kewajiban secara bijak terhadap hewan.
4.2.13 Memberikan pendapat tentang kegiatan manusia terhadap hewan.
Dampak dari menjaga kelestarian hewan yakni
Hewan menjadi terlindungi apabila kita menjalankan kewajiban dan kita bisa mengambil untung /hak dari hewan tersebut. Karena pemanfaatan SDA diberikan kepada seluruh warga. Pemanfaatannya bisa secara langsung misalnya berupa hasil pertanian (buah-buahan) pemanfaatan yang lain bisa secara tidak langsung . artinya sebelum dimanfaatkan hasru diolah dulu. Misalnya batubara dan minyak bumi. Memanfaatkan alam dan tanaman merupakan hak warga, akantetapi hak tersebut hendaknya disertai pelaksanaan kewajiban memanfaatkan tanaman secara bijak.
Pembelajaran : 4 (Empat)
Tanggal :
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulisan
Indikator:
3.3.6 Mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan yang baik.
4.3.6 Mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri-ciri pertanyaan yang baik.
Apakah kamu pernah bertanya kepada guru atau teman? kira-kira apakah sama pertanyaannya jika hal yang ingin kalian tanyakan sama? Aku yakin tidak, karena pertanyaan kepada guru pasti lebih sopan dan dipikirkan terlebih dahulu. Sekarang apakah kamu pernah ditanya temanmu? apa reaksimu jika ternyata pertanyaan itu diucapkan dengan kata-kata kasar atau kurang sopan?
Sudah jelas, kamu tidak akan menjawabnya, atau bahkan mengabaikan kemudian pergi. Begitu juga dengan wawancara, karena orang yang di wawancara adalah orang yang memiliki informasi, sehingga untuk mendapatkannya kita harus bertanya dengan baik dan sopan.
PPKN
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
Indikator:
3.2.13 Menjelaskan dampak dari melaksanakan hak dan kewajiban secara bijak terhadap hewan.
4.2.13 Memberikan pendapat tentang kegiatan manusia terhadap hewan.
Dampak dari menjaga kelestarian hewan yakni
Hewan menjadi terlindungi apabila kita menjalankan kewajiban dan kita bisa mengambil untung /hak dari hewan tersebut. Karena pemanfaatan SDA diberikan kepada seluruh warga. Pemanfaatannya bisa secara langsung misalnya berupa hasil pertanian (buah-buahan) pemanfaatan yang lain bisa secara tidak langsung . artinya sebelum dimanfaatkan hasru diolah dulu. Misalnya batubara dan minyak bumi. Memanfaatkan alam dan tanaman merupakan hak warga, akantetapi hak tersebut hendaknya disertai pelaksanaan kewajiban memanfaatkan tanaman secara bijak.
Komentar
Posting Komentar