Materi Ajar pelajaran Matematika


BAB 1. PECAHAN

3.1  Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.


Pengertian dan Cara Menentukan Pecahan Senilai

Perhatikan gambar di bawah ini!

Lingkaran (1, (2), dan (3) mempunyai luas yang sama. Luas daerah yang diarsir pada Gambar (i) adalah ½ dari lingkaran, pada Gambar (ii) adalah 2/4 dari lingkaran, dan Gambar (iii) adalah 4/8 dari lingkaran.

Dari Gambar tersebut dapat dilihat bahwa luas daerah yang diarsir pada ketiga lingkaran itu adalah sama. Jadi, ½ = 2/4 = 4/8.

Berdasarkan hubungan-hubungan di atas, pecahan senilai dapat diperoleh dengan cara membagi pembilang dan penyebut dengan suatu bilangan yang sama yang bukan nol.


Pecahan senilai adalah pecahan yang nilainya tidak akan berubah walaupun pembilang dan penyebutnya dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama yang tidak nol.


Untuk menentukan pecahan yang senilai dengan a/b , b ¹ 0 dapat digunakan hubungan berikut:


Pecahan a/b dengan b ¹ 0 dapat diubah ke dalam bentuk paling sederhana dengan cara membagi pembilang dan penyebut pecahan itu dengan FPB dari a dan b. (FPB = Faktor Persekutuan Besar)


Contoh Soal Pecahan Senilai
Tentukanlah tiga pecahan yang senilai dengan :
3⁄5
8⁄12









Komentar